Kamis, 25 November 2010

Dim Sum Halal enak, harga murah

Belum ke Hong Kong jika belum makan Dim Sum. Begitu kata orang. Dim Sum, makanan berbahan dasar tepung ini, awalnya berasal dari menu dessert para raja Cina masa lalu. Umumnya, makanan ini dibuat dari bahan yang tidak halal. Jadi, turis Muslim harus hati-hati mengonsumsinya. Dim Sum adalah istilah dalam bahasa Kantonis, yang artinya makanan kecil. Biasanya, Dim Sum dimakan sebagai menu untuk sarapan menjelang makan siang atau brunch. Makanan Dim Sum ini memang populer ke dunia dari Hong Kong.

Dim Sum terdiri atas berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya dinikmati bersama teh. Kegiatan untuk minum teh dan makan Dim Sum di Hong Kong disebut yam cha. Yam cha sendiri arti sebenarnya adalah minum teh. Tapi, acara minum teh itu biasanya dilengkapi dengan makan Dim Sum atau camilan kanton. Dim Sum dihidangkan dalam keranjang kecil yang terbuat dari bambu.

Lantas apakah semua Dim Sum di Hong Kong haram? Tidak juga. Ada satu yang halal. Tempatnya adalah di Wan Chai Islamic Centre. Di sini, kita bisa menikmati Dim Sum di sebuah restoran halal, yang dikelola seorang Muslim Cina. Biasaya, restoran Dim Sum penuh pada hari Sabtu dan Ahad. Keluarga di Hong Kong umumnya tinggal terpisah antara orang tua dan anak-anaknya. Yam cha pun menjadi ajang mereka untuk bertemu dan bersilaturahim.

Sumber : Subroto - bataviase.co.id

Lihat juga:
Steak
Sate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar